top of page

Menggunakan Karunia untuk Melayani


Ibadah Minggu, 17 Juli 2022

Pdm. Tetty Sianturi, MA

Pembacaan Firman Tuhan:

Titus 2 : 11-12

"Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata.Ia mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini."


Mengapa kita melayani ?

Karena Bapa sudah memberikan kita modal : "Karunia", sebagai orang yang sudah lahir baru Tuhan sudah kasih kita Karunia yang adalah modal dan mungkin memang tidak sama namun keselamatan serta kasih karunia di dalam Yesus Kristus, Tuhan simpan di dalam diri masing-masing. Semua yang percaya pasti akan menerima itu.


Apa saja itu modal ?

  1. Kita Diselamatkan (Efesus 2 : 8-9) "Sebab karena kasih karunianya kamu diselamatkan oleh iman itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu jangan ada orang yang memegahkan diri." Setidaknya kita hidup dalam kasih karunianya Tuhan, karena orang yang belum menerima kristus itu seperti mayat yang berjalan, tetapi kita diangkat dari kerajaan kegelapan dan dipindahkan kepada terangnya yang ajaib dan kita menjadi anak yang dikasihi bukan karena perbuatan kita.

  2. Memberi Roh Kudus (Kisah Para Rasul 1 : 8 & 2 Korintus 1 : 22) Roh kudus diberikan kepada kita untuk mengajari kita, memberikan kita kuasa, menolong kita dalam segala hal. Kita punya kelemahan dan dikatan dalam roh kudus itu menolong dalam segala hal bahkan nanti sampai kegagalan roh kudus menjadi jaminan bagi setiap kita dan sepanjang hidup. Mengingatkan, menguatkan, dan memberikan semangat bagi kita.

  3. Berkat Rohani (Efesus 1 : 3) Supaya terpujilah bapa kita di dalam Tuhan Yesus Kristus sudah mengaruniakan segala berkat rohani, artinya kesehatan ada di dalamnya dan kita hanya perlu mengambil dengan iman. Uang pula terdapat dalam berkat rohani yang merupakan harta karun yang Tuhan simpan di dalam kita dan untuk mengambil hal tersebut hanya dibutuhkan tangan, tangan yang dimaksud adalah iman untuk membuat itu menjadi uang, kesehatan, dan apa saja yang kita perlukan dalam hidup ini.

  4. Melengkapi dengan karunia-karunia (1 Korintus 12) Karunia yang begitu banyak seperti karunia berbahasa roh, karunia bernubuat, karunia membedakan roh, karunia kuasa menumpangkan tangan bagi orang yang sakit. Hal ini diberikan Tuhan kepada kita semua orang yang percaya. Tidak ada satu orang yang tidak ada karunianya yang diberikan oleh Tuhan. Tuhan menyimpan itu bagi setiap kita, seperti dikaitkan dengan perumpamaan talenta, dengan 3 orang yang pertama dikasih satu, yang kedua dikasih dua, dan yang ketiga dikasih lima. Semua diberi walaupun berbeda-beda dan tidak masalah dengan perbedaan itu karena Tuhan tidak pernah menuntut lebih dari itu.

  5. Allah menyediakan benih bagi penabur (2 Korintus 9 : 10) Benih apapun yang mau kita tabur, benih kasih, benih waktu, semuanya Tuhan menyediakan bagi setiap kita. Sehingga seharusnya kita tidak perlu khawatir karena kita tidak memberi dari yang kita tidak punya, tetapi Tuhan sudah memberikan benih bagi setiap kita apapun itu benih yang ingin kita tabur. Itu sebabnya kenapa kita melayani, karena kita sudah mendapat semua hal di dalam kristus dan itu adalah gratis kasih karunia, Tuhan berikan bagi setiap pribadi. Dititik ini sebagai orang yang percaya seharusnya kita sangat bersyukur.

3 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page