top of page

Menggunakan Karunia untuk Melayani


Ibadah Minggu, 24 Juli 2022

Ps. Samuel Lazuardy, MA


Pembacaan Firman Tuhan:

Keluaran 6:11-12, Keluaran 7:1

Ayat 11 - "Pergilah menghadap, katakanlah kepada Firaun, raja Mesir, bahwa ia harus membiarkan orang Israel pergi dari negerinya." Ayat 12 - "Namun, Musa berkata kepada TUHAN, katanya, “Lihatlah, keturunan Israel saja tidak mau mendengarkanku, bagaimana mungkin Firaun akan mendengarkan aku, orang yang tidak pandai bicara?”"


Ayat 1 - "Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Lihat, Aku mengangkat engkau sebagai Allah bagi Firaun, dan Harun, abangmu, akan menjadi nabimu." Ayat 2 - "Engkau harus mengatakan segala yang Kuperintahkan kepadamu, dan Harun, abangmu, harus berbicara kepada Firaun, supaya dibiarkannya orang Israel itu pergi dari negerinya."


  1. Musa memimpin bangsa Israel keluar dari tanah Mesir: Musa di latih selama 40 tahun dan berada dipadang gurun dan kesabarannya Musa di uji oleh Tuhan. Tuhan mempersiapkan Musa untuk melakukan perintah Tuhan yaitu mengeluarkan bangsa Israel untuk keluar dari tanah Mesir

  2. Tuhan menyuruh Harun dan Musa untuk menghadap Firaun: Harun melakukan perintah dari Tuhan yaitu menghadap Firaun dengan melempar tongkat Harun dan berubah menjadi ular

  3. Tuhan memberikan 10 Tulah kepada bangsa Mesir: Tulah pertama adalah Air berubah menjadi Darah: Tuhan menyuruh Harun untuk memukulkan Tongkatnya ke wadah air maka air di tanah mesih berubah menjadi darah, Tulah yang kedua adalah katak: Tuhan berfirman kepada Musa untuk mengatakan kepada Harun untuk mengulurkan tangannya ke atas sungai dan segala air di dalam Mesir maka muncullah Katak-katak tadi, Tulah yang ketiga adalah nyamuk: Berfirmanlah Tuhan kepada Musa untuk mengatakan kepada Harun untuk memukulkan tongkatnya ke debu dan tanah maka debu itu menjadi nyamuk di seluruh tanah Mesir.

  4. Tuhan berfirman kepada Musa untuk mengakat Tongkat Musa agar bangsa Israel dapat berjalan di laut merah: Musa mengikuti perintah Tuhan di saat Musa sudah berserah kepada Tuhan di tengah kesulitan sehingga Tuhan memberikan kuasanya kepada Musa untuk membelah laut merah dengan tongkat Musa agar bangsa Israel dapat berjalan di tengah-tengahnya.

Tuhan sudah memilih dan memikirkan apa yang terjadi didalam kehidupan kita, sehingga disaat kita dalam keadaan yang sulit maka di situlah Kuasa Tuhan dinyatakan dengan pengharapan kita dan berserah kepada Dia.

2 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page