top of page

Firman Tuhan adalah Kebenaran

Updated: Sep 17, 2022


Ibadah Minggu, 11 September 2022

Pdt. Ir. Bersih Tarigant


Pembacaan Firman Tuhan:

Yohanes 8:32-37

8:32 dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu." 8:33 Jawab mereka: "Kami adalah keturunan Abraham dan tidak pernah menjadi hamba siapapun. Bagaimana Engkau dapat berkata: Kamu akan merdeka?" 8:34 Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap orang yang berbuat dosa, adalah hamba dosa. 8:35 Dan hamba tidak tetap tinggali dalam rumah, tetapi anak tetap tinggal dalam rumah.8:36 Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamupun benar-benar merdeka." 8:37 "Aku tahu, bahwa kamu adalah keturunan Abraham, tetapi kamu berusaha untuk membunuh Aku karena firman-Ku tidak beroleh tempat di dalam kamu.


Percaya dengan Yesus makan kita akan dimemerdekakan oleh segala dosa dan dari kutuk hukum Taurat, sebab Yesus adalah jalan kebenaran dan juruselamat yang hidup dan percayalah akan Firman-Nya.


  1. Temukanlah dan miliki Pribadi Kebenaran yaitu Yesus Kristus Tuhan - Barangsiapa yang percaya kepada Yesus serta mengakui Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat dan menerima Dia, maka dialah yang telah menemukan kebenaran itu dan kebenaran itulah yang membebaskan kita. Sebab Yesus telah membebaskan kita dan Ia rela mati di atas kayu salib untuk menebus dosa kita - Galatia 13 "Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab hadir tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!". Ketika kita percaya dengan Yesus maka hidup kita telah dirancang oleh Yesus untuk masa depan yang penuh dengan harapan - Roma 8:1 "Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus".

  2. Jadikanlah hatimu tanah yang subur untuk ditanami Firman Allah - Kita akan menerima ketika kita beriman dan percaya kepada Allah maka itu adalah jembatan dan seluruh berkat yang dari surga akan datang menjadi milik kita - Amsal 3:5-6 "Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu". Ketika kita menyutuji perintah Tuhan sertai mengakui Dia sebagai pemegang hidup kita maka jalan hidup kita akan menjadi ringan dan tidak akan susah untuk dilalui.

  3. Jadikanlah Tuhan itu segala-galanya dan dengarkanlah Dia - Yesaya 48:17-19 "48:17 Beginilah firman TUHAN, Penebusmu, Yang Mahakudus, Allah Israel: "Akulah TUHAN, Allahmu, yang mengajar engkau tentang apa yang memberi faedah, yang menuntun engkau di jalan yang harus kautempuh. 48:18 Sekiranya engkau memperhatikan perintah-perintah-Ku, maka damai sejahteramu akan seperti sungai yang tidak pernah kering, dan kebahagiaanmu akan terus berlimpah seperti gelombang-gelombang laut yang tidak pernah berhenti, 48:19 maka keturunanmu akan seperti pasir dan anak cucumu seperti kersik banyaknya; nama mereka tidak akan dilenyapkan atau ditiadakan dari hadapan-Ku." Ketika kita mendengarkan Tuhan dalam kehidupan kita maka hidup kita akan berfungsi, berdampak, berguna, serta berfaedah dan tanpa Tuhan maka kehidupan kita akan sia-sia saja.

Kita perlu untuk menemukan serta memiliki kebenaran yang dari Tuhan agar kita mendapatkan kebebasan dari segala dosa serta menjadikan hidup kita sebagai tanah yang subur untuk Firman Allah agar kita dapat menerima seluruh berkat Allah serta menjadi berkat bagi orang lain karena kita telah dimenangkan atau dimemerdekakan oleh Tuhan Allah di atas kayu salib sehingga kita tidak lagi menjadi kalah oleh segala dosa tetapi kita menjadi pemenang dari segala dosa dan menjadikan Tuhan segala-galanya didalam kehidupan kita.

32 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page