top of page

Doa Yang Berkuasa


Ibadah Minggu, 21 Agustus 2022

Pdt. Sastra Sembiring, MA


Pembacaan Firman Tuhan:

Matius 15:21-28

15:21 Lalu Yesus pergi dari situ dan menyingkir ke daerah Tirus dan Sidon. 15:22 Maka datanglah seorang perempuan Kanaan dari daerah itu dan berseru: "Kasihanilah aku, ya Tuhan, Anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita." 15:23 Tetapi Yesus sama sekali tidak menjawabnya. Lalu murid-murid-Nya datang dan meminta kepada-Nya: "Suruhlah ia pergi, ia mengikuti kita dengan berteriak-teriak." 15:24 Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel." 15:25 Tetapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia sambil berkata: "Tuhan, tolonglah aku." 15:26 Tetapi Yesus menjawab: "Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing." 15:27 Kata perempuan itu: "Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya." 15:28 Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: "Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kau kehendaki." Dan seketika itu juga anaknya sembuh.


Doa berarti membiarkan Tuhan berjuang, Doa berarti membiarkan Tuhan bertindak, dan Doa berarti membiarkan Tuhan bekerja.


  1. Kita harus mengetahui Alamat kepada siapa kita berdoa - Matius 15:21-22 "Perempuan Kanaan itu tau kepada siapa ia berseru dan kepada siapa ia berharap". Kita harus pastikan siapa yang kita percayai dan pastikan kepada siapa kita berseru dan berharap - 2 Timotius 1:12

  2. Arti Berdoa adalah seorang yang memiliki relasi dengan Tuhan dan memiliki hubungan yang intim dengan Tuhan - Yohanes 15:7

    1. Orang yang memiliki hubungan relasi dengan Tuhan maka hidupnya berkenan kepada Tuhan

  3. Tetap teguh dalam Iman - Matius 15:23-25 "Perempuan Kanaan itu mendekat dan menyembah Dia dan berkata Tuhan tolonglah aku"

    1. Doa yang berkuasa menuntut iman yang tidak tergoyahkan

    2. Mazmur 40:5 - Berbahagialah orang yang Menaruh (Menanam/Meletakkan) kepercayaannya kepada Tuhan. Doa yang berkuasa adalah doa yang tidak ada kebimbangan/tidak ada keraguan.

    3. Mazmur 56:4-5 - Walaupun dalam kekecewaan dan ketakutan tetaplah percaya kepada Tuhan karena itu Iman yang tidak tergoyahkan.

  4. Kerendahan hati - Matius 15:26-27 "Perempuan Kanaan itu menjawab dengan kerendahan hatinya, karena perempuan kanaan itu tau dimana posisi ia sebagai manusia"

    1. Janganlah menjadi sombong, karena dari kesombongan itulah awal dari kehancuran dan penyebab orang sombong adalah tidak kenal dengan Tuhan dan tidak akrab dengan Tuhan.

    2. Doa yang berkuasa adalah doa yang lahir dari kerendahan hati.

13 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page